Mempertahankan Kehidupan sperma

Spread the love

Mempertahankan Kehidupan Sperma

Prostat termasuk organ penting dalam sistem reproduksi laki-laki. Amat vital karena ikut menghasilkan cairan seminal untuk mempertahankan kehidupan sperma sebelum diejakulasikan. Jadi, menjaga kesehatan prostat merupakan suatu hal yang teramat penting.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan prostat.

Berikut langkah tersebutt, sebagaimana dikutip dari buku Man’s Body & Sexual Fantasies, karangan dr. Widjaja Kusuma.

Pertama, lakukanlah diet. Konon laki-laki Asia akan memiliki kemungkinan yang lebih besar terserang BPH setelah pindah ke negara-negara Barat. Karena makanan yang dikonsumsi masyarakat Barat, yang mengandung banyak lemak dan kolesterol, bisa mendorong terjadinya pembesaran prostat.

Kurangilah konsumsi lemak demi kesehatan prostat Anda dan juga kesehatan tubuh secara umum.

Perbanyak konsumsi makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak faktor alami untuk membantu tubuh melawan karsinogen (zat penyebab kanker). Selain itu, jangan melupakan suplemen vitamin dan mineral. Vitamin A, B6, C, dan E, serta kalsium, selenium, dan seng memiliki fungsi yang amat penting bagi tubuh.

Kedua, berolah raga secara teratur, seperti lari dan jalan kaki. Riset telah membuktikan bahwa olahraga lari atau jalan kaki dapat membantu mencegah penyakit prostat.

Penelitian Universitas Harvard terhadap 17 ribu alumninya menunjukkan, olahraga menurunkan risiko gangguan prostat. Tapi Anda harus berlari delapan jam setiap minggunya untuk mendapatkan manfaat ini.

Jika lari merupakan olahraga yang Anda senangi, maka Anda akan mendapatkan manfaat tambahan darinya.

Ketiga, cuba pengubatan alternatif. Saw palmetto (serenoa repens) telah digunakan selama berabad-abad sebagai ubat tradisional bukan hanya untuk mengubati gangguan prostat, tapi juga sebagai afrodisiak dan pembangkit gairah seks. Awalnya saw palmetto digunakan oleh penduduk Indian di Amerika. Namun kemudian ia digunakan oleh ahli jamu-jamuan dari Eropah.

Saw palmetto dengan dosis 320 mg/ hari telah diuji secara klinis pada banyak penelitian. Dan hasil penelitian itu semuanya menyimpulkan terjadinya perbaikan bermakna pada kondisi prostat.

Menurut peneitian itu pula, saw palmetto lebih efektif jika dibandingkan dengan ubat untuk prostat, seperti finasteride (Proscar). ubat alami ini dapat Anda beli pada sebagian besar toko makanan kesehatan.

Keempat, perhatikan gaya hidup Anda. Hindari stress, jauhi kebiasaan merokok, dan jangan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Ini memang sulit, tapi kalau Anda ingin prospat Anda sehat, tentu tak ada hal sulit untuk dilakukan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...